Pantai Pangandaran Masih Punya Pesona

Hello Pangandaran,

@Sunrise Pangandaran

@Sunrise Pangandaran

Pantai Pangandaran adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kabupaten Pangandaran (pemekaran dari Kabupaten Ciamis) yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Tempat wisata ini sudah terkenal sejak dulu dan merupakan tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi oleh orang-orang khususnya dari pulau Jawa. Pada saat musim liburan tempat wisata ini selalu dipenuhi oleh lautan manusia yang jumlahnya bisa mencapai ribuan orang. Hal ini yang membuat saya memandang pantai ini dengan sebelah mata, saya meragukan daya tariknya. Karena jika pantai sudah dijamah banyak manusia pastilah lambat laun tempat itu akan dipenuhi dengan sampah. Meskipun demikian saya cukup penasaran, ada beberapa teman saya yang tak bosan-bosan mengunjungi pangandaran setiap libur panjang tiba.

©duniarahmi

©duniarahmi

©duniarahmi

©duniarahmi

17 Mei 2014 yang lalu untuk pertamakalinya saya mengunjungi pantai Pangandaran. Seperti yang saya duga, tempat wisata ini jauh dari kata terawat. Pedagang bejajar tidak beraturan di pinggir pantai, agak sulit menemukan pinggir pantai yang sepi di pantai utama ini. Sampah plastik di mana-mana, pasir yang hampir mirip dengan tanah. Memang ada kawasan yang berpasir putih, tapi tempat itu harus ditempuh dengan melewati cagar alam atau menyebrang dengan menggunakan kapal. Dan tentu saja kawasan itu pun sangat ramai meski tak seramai pantai utama. Dan yang lebih menyedihkan ketika saya mencoba snorkeling di satu tempat yang sudah cukup jauh dari pinggir pantai, ternyata di sana pun tak luput dari sampah plastik. Bagaimana bisa laut seluas ini telah dipenuhi dengan sampah. Ini benar-benar menyedihkan buat saya. Menyedihkan sekali, pantai sesempurna ini tidak dirawat dengan baik. Harus bagaimana lagi menyadarkan orang-orang ini agar bisa menjaga kebersihan lingkungan.

Selain pantai, kawasan ini juga memiliki cagar alam yang kebanyakan dihuni oleh monyet dan rusa. Jika bosan dengan pantai utama pangandaran yang selalu ramai, cagar alam ini bisa dijadikan alternatif untuk menghirup udara segar dan bersantai sejenak dari kegaduhan. Ketika masuk cagar alam ini pengunjung disarankan untuk tidak membawa makanan dan minuman, karena monyet-monyet di sini sangat aktif dan akan merebut makanan yang dibawa pengunjung.

Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam Pantai Pangandaran

Cagar Alam Pantai Pangandaran

Terlepas dari segala kekurangannya, ternyata benar saja tempat ini menyimpan daya tarik yang cukup kuat. Di pantai ini kita bisa menyaksikan matahari terbit dan tenggelam di tempat yang sama. Dan yang paling menarik menurut saya di kawasan ini banyak pedagang makanan terutama hidangan laut dengan harga cukup terjangkau. Pembeli bisa memilih sendiri ikan, kepiting atau udang segar lalu penjual akan memasaknya sesuai bumbu yang dipilih pembeli. Dan hal ini sangat menyenangkan jika dinikmati bersama teman-teman atau keluarga. Hal lain yang membuatnya menarik menurut saya antara lain karena di tempat ini sudah tersedia berbagai macam fasilitas seperti ATM, penerangan jalan, kendaraan umum, penyewaan berbagai bentuk sepeda atau becak, dan berbagai macam jenis permainan olahraga air (water sport) . Di sini juga ada banyak pilihan penginapan dari yang murah hingga yang mahal, dari yang ala backpacker hingga hotel berbintang, tinggal pilih saja harga bisa ditawar dan tidak perlu booking jauh-jauh hari. Banyaknya pedagang oleh-oleh dan makanan juga membuat tempat ini semakin menarik dan layak dikunjungi. Tempat ini menurut saya memang kurang cocok bagi yang membutuhkan tempat liburan yang sepi dan tenang, tapi sangat cocok bagi yang ingin berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Banyak hal seru yang bisa dilakukan di sini, selain menikmati alam, tempat ini pun menjanjikan kita untuk bisa menikmati kebersamaan.

Seafood Pangandaran

Seafood Pangandaran

We are..!

We are..!

4 thoughts on “Pantai Pangandaran Masih Punya Pesona

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s