Cara membuat Tulisan Baru di WordPress

Ada beberapa newbie yang masih bingung untuk memulai membuat tulisan baru di wordpress. Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat tulisan atau baru untuk pemula.

Pertama-tama tentu saja kita masuk ke akun kita. Setelah log in maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Pos baru u/ newbie

Pos baru u/ newbie

Setelah itu klik tombol “Situs-situsku” seperti yang ditunjukkan dengan tanda panah pada gambar di atas. Setelah tombol tersebut diklik maka tampilannya akan menjadi seperti ini:

Wordpress newbie

WordPress newbie

Setelah itu klik pada akun kita seperti yang ditunjukkan tanda panah merah pada gambar di atas. Setelah itu kita langsung akan dibawa pada halaman muka blog kita. Pada halaman tersebut paling tidak dua tombol “Pos Baru” yang bisa kita temukan seperti pada gambar berikut dan pilihlah salah satu saja:

Pos Baru WordPress

Pos Baru WordPress

Setelah kita klik tombol “Pos Baru” maka kita langsung dibawa pada halaman tempat kita akan menuliskan pos baru. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis pos baru, untuk lebih jelasnya akan saya uraikan berdasarkan gambar berikut:

Pos Baru WordPress

Pos Baru WordPress

  1. Pada kolom paling atas tuliskan judul pos yang akan kita buat, contohnya “Kontak Kami”. Dan area yang saya tandai dengan garis biru adalah tempat kita menulikan pos baru. Bukan hanya tulisan, pada kolom tersebut kita juga bisa menyisipkan link, gampar, dan video.
  2. Tombol “Tambahkan Media” adalah untuk menyisipkan gambar atau video pada pos yang sedang dibuat.
  3. Setelah selesai menulis, selanjutnya klik tombol “TAG & KATEGORI”
  4. Pada kolom “TAG” isikan keyword atau kata kunci yang menggambarkan isi blog kita. TAG ini menurut saya sangat penting karena akan mempengaruhi search engine untuk menemukan tulisan kita.
  5. Setelah itu tambahkan kategori baru pada kolom tersebut. Jika tulisan yang kita buat merupakan sub kategori maka pilih kategori yang sudah ada, lalu tambahkan kategori baru. Misalnya, tulisan ini saya buat sebagai sub categori dari “LAMPU”, lalu saya tambahkan kategori baru sesuai judul (boleh berbeda dengan judul) yaitu “Kontak Kita”
  6. Sebelum tulisan dipublikasikan sebaiknya kita lihat dulu apakah sudah sesuai keinginan atau belum. Untuk hal itu kita klik tombol “Pratampil”
  7. Jika tulisan belum selesai dan akan kita lanjutkan dilain waktu maka tulisan bisa kita simpan dulu dalam bentuk draft dengan meng-klik tombol “Simpan”. Nah untuk membuka draft ini lagi di lain waktu kita masuk dulu ke “Dasbor”, lalu “Pos” dan pilih “Semua pos”. Setelah itu arahkan kursor ke draft dan pilih “Edit”
  8. Setelah tulisan dirasa siap untuk diluncurkan maka langsung saja klik tombol “Terbitkan…”

Nah bagaimana, mudah bukan? Dan hasil akhirnya akan menjadi seperti ini:

Hasil Akhir

Hasil Akhir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s