Itinerary Labuan Bajo – Pulau Komodo 3D2N

Tips Perjalanan kali ini yaitu sebaiknya kita tidak pergi sendirian. Lakukan perjalanan minimal 2 atau 4 orang untuk menghemat biaya akomodasi.

Hari Pertama (Jakarta – Labuan Bajo)

Perjalanan dimulai dari Bandara Soekarno Hatta menggunakan pesawat termurah yaitu Lion Air, dengan perkiraan biaya tiket pesawat dan pajak bandara pulang pergi (PP) Jakarta – Labuan Bajo adalah IDR 3.000.000. Berangkat dari Jakarta pukul 04.30 pagi lalu transit di Bandara Ngurah Rai Denpasar, dan diperkirakan tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo pukul 13.25

Selanjutnya dari bandara menuju penginapan menggunakan ojeg motor dengan biaya sekitar IDR 15.000. Penginapan yang saya pilih adalah Green Hill Boutique Hotel yang terletak di pusat kota, menghadap langsung ke pelabuhan Labuan Bajo dengan tarif sebesar IDR 350.000 untuk dua orang. Masing-masing kamar di hotel ini dilengkapi dengan televisi, shower air panas dan dingin, AC juga balkon. Alamat hotel adalah di Jalan Soekarno Hatta Labuan Bajo, telp. 0385-41289.

Setelah check in, istirahat, dan makan siang kita akan langsung berkeliling kota Labuan Bajo menggunakan sepeda motor yang disewa dari tempat penginapan dengan biaya IDR 50.000. Tempat yang akan dikunjungi adalah Goa Batu Cermin di Desa Wae Sambi yang berjarak sekitar empat kilometer dari pusat kota. Tiket masuk Goa Batu Cermin adalah IDR 10.000 dan sewa jasa pemandu IDR 10.000.

Setelah itu kita lanjutkan perjalanan ke Bukit Cinta yang terletak di timur kota Labuan Bajo, dan lalu ke Pantai Pande di sebelah barat kota. Menjelang sore kita akan menuju pelabuhan untuk menikmati sunset yang terkenal eksotis.

Sebelum kembali ke penginapan kita akan makan malam dulu di kota. Ada beberapa pilihan menu, yaitu nasi goreng, ayam goreng, nasi padang, bakso, dan lain-lain.

Total biaya hari pertama:

  • Tiket pesawat dan pajak Bandara PP   : IDR 3.000.000
  • Ojeg bandara – penginapan                 : IDR 15.000
  • Sewa Hotel per kamar                          : IDR 350.000 (@IDR 175.000/orang)
  • Sewa Sepeda Motor per unit                : IDR 50.000 (@IDR 25.000/orang)
  • Tiket masuk + guide Goa Batu Cermin  : IDR 20.000
  • TOTAL                                                  : IDR 3.235.000/orang

*tidak termasuk biaya makan siang dan malam

Hari ke dua (Labuan Bajo – Pulau Rinca – Pantai Pink – Pulau Kalong)

Pukul 06.00 check out dari penginapan dan bersiap-siap menunggu jemputan dari pihak kapal yang telah kita sewa sebelumnya. Kapal yang kita sewa adalah milik Bapak Figo dengan biaya sekitar IDR.2.200.000 untuk 2 hari 1 malam dengan penumpang sebanyak 4 orang. Sewa kapal sudah termasuk makan, life vest, snorkel, dan kaki katak. Kontak Bapak Figo adalah 081237321023. Banyak pemandangan menakjubkan sepanjang perjalanan dari Labuan Bajo ke Pulau Rinca.

Tiba di destinasi pertama hari ini yaitu Pulau Rinca atau Loh Buaya. Labuan Bajo – Pulau Rinca ditempuh selama sekitar 1 jam 30 menit. Untuk masuk Pulau Rinca dikenakan biaya karcis sebesar IDR 2500, retribusi sebesar IDR 20.000, biaya membawa kamera sebesar IDR 5000, dan jasa ranger (guide) sebesar IDR 80.000 per grup. Ini sudah termasuk dengan biaya masuk Pulau Komodo. Dan kita akan trekking di pulau ini selama sekitar 2 jam menjelajahi hutan dan bukit savanna.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Pink selama 1 jam 30 menit. Di sini kita akan snorkeling dan menikmati pemandangan dari atas bukit selama sekitar 1 jam saja. Dan makan siang kita lakukan di kapal yang telah disiapkan oleh awak kapal.

Setelah dari Pantai Pink kita selanjutnya mengunjungi Pulau Kalong dan kita akan menyaksikan ribuan kalong pada sore hari di pulau ini. Kita juga akan menyaksikan matahari tenggelam dibalik bukit-bukit Jurasic park dari atas kapal.

Menjelang magrib kita lanjutkan berlayar sampai dermaga Pulau Komodo. Kita akan bermalam di kapal dan kita juga akan bersantai dan memancing ikan di dermaga Pulau Komodo. Biasanya awak kapal sudah membawa alat memancing. Makan malam akan disiapkan oleh awak kapal.

Total biaya hari ke dua:

  • Tiket masuk Pulau Rinca         : IDR 2500.
  • Retribusi                                : IDR 20.000
  • Biaya bawa kamera                : IDR 5000
  • Biaya jasa ranger per grup     : IDR 80.000 (@IDR 20.000/orang)
  • TOTAL                                   : IDR 47.500/orang

Hari ke tiga (Pulau Komodo – Manta Point – Pulau Kanawa – Labuan Bajo – Bandara Komodo – Jakarta )

Bangun pagi dan setelah sarapan di kapal pukul 06.00 kita bersiap menjelajah Pulau Komodo. Di sini kita akan trekking kurang lebih selama 2 jam, memasuki hutan dan menyaksikan pemandangan laut dan burung-burung Kakak Tua putih dari bukit Sulphurea. Binatang lain selain komodo yang bisa kita temui di pulau ini adalah rusa, babi hutan, kerbau, ayam hutan, dan berbagai macam burung.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Manta Point. Aktifitas yang akan kita lakukan di sini adalah snorkeling berburu ikan manta sekitar 30 menit saja. Dan makan siang hari ke tiga ini pun akan disiapkan oleh awak kapal.

Selanjutnya menuju Pulau Kanawa. Di sini kita akan kembali ber-snorkeling dan menjelajah pulau, juga menyaksikan pemandangan dari atas bukit selama kurang lebih 1 jam.

Setelah selesai menjelajah Pulau Kanawa kita kembali ke kapal lalu mandi dan ganti pakaian di kapal. Selanjutnya kita harus sudah tiba di Dermaga Labuan Bajo sebelum pukul 14.30. Setelah itu kita meluncur menuju Bandara Komodo Labuan Bajo menggunakan ojeg.

Komodo Island

Komodo Island

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s