Penghargaan Mempererat Hubungan

Penghargaan” berasal dari kata dasar “harga” yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diantaranya memiliki arti nilai barang yg ditentukan atau dirupakan dengan uang, dan bisa juga bermakna  kehormatan (diri). Secara garis besarnya penghargaan memiliki arti sesuatu yang diberikan oleh satu pihak kepada pihak lain baik perorangan atau kelompok sebagai balas jasa setelah salah satu pihak melakukan sesuatu yang menyenangkan pihak lain. Penghargaan bisa dalam bentuk material seperti uang, piagam, sertifikat, piala, dan lain-lain, maupun non material, misalnya ucapan terimakasih.

Penghargaan Untuk Diri Sendiri

Memberikan penghargaan bisa dimulai dengan memberikannya pada diri sendiri. Penting kah? Tentu saja, menurut saya itu penting. Memberikan penghargaan pada diri sendiri merupakan cerminan perasaan, penilaian, penerimaan, dan pendapat seseorang terhadap dirinya sendiri. Penghargaan terhadap diri sendiri mengajarkan kita untuk menerima diri dan segala yang kita miliki. Tanpa ini kadang orang akan merasa tidak berharga meskipun di mata orang lain ia merupakan orang yang sukses. Lalu bagaimana cara saya menghargai diri saya sendiri? Memberikan hadiah dan memanjakan diri sendiri itu lah cara saya. Setelah saya berhasil melakukan sesuatu yang butuh usaha tidak mudah biasanya saya akan memberikan penghargaan pada diri sendiri dengan shopping, makan makanan mahal, atau pergi berlibur. Saya merasa berharga, bangga, dan percaya pada diri sendiri tanpa bersifat tinggi hati dan merendahkan orang lain. Itulah penghargaan saya terhadap diri saya sendiri, yang juga mengajarkan saya untuk lebih sering memberi penghargaan pada orang lain.

IMG_3111

Berlibur ke tempat yang menyenangkan. Picture taken by me (duniarahmi)

Penghargaan Untuk Orang Lain

Dalam kehidupan sehari-hari penghargaan terkadang menjadi sesuatu yang sensitif juga sangat penting untuk kebanyakan orang. Memberikan penghargaan pada orang lain erat kaitanya dengan menghargai. Hal ini bisa dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga. Orang tua memberikan penghargaan kepada anak atas prestasi atau hal baik yang telah ia lakukan merupakan bentuk menghargai usaha anak. Hal ini akan berdampak baik pada kehidupan sosial anak dalam keluarga. Ia akan merasa berharga dan punya tempat dalam keluarganya. Sama halnya saling memberikan penghargaan pada teman, kerabat, atau tetangga. Seseorang yang menerima penghargaan akan merasa menjadi bagian penting dalam lingkungan sosial. Ini juga akan berdampak pada penilaian terhadap dirinya sendiri. Merasa dihargai itu besar pengaruhnya pada rasa percaya diri.

Memberikan penghargaan pada orang lain bisa dalam berbagai bentuk. Dan yang paling sederhana adalah ucapan terima kasih dan pujian. Selain itu memberi penghargaan juga bisa dalam bentuk hadiah berupa barang. Dalam hal ini pemberian hadiah berupa uang sebaiknya dihindari, kecuali jika yang bersangkutan benar-benar membutuhkan. Ada sebagian orang yang tersinggung jika diberi uang atas kebaikan yang telah dilakukan. Memberikan uang bisa dinilai tidak etis karena dianggap menilai kebaikan atau usaha hanya sebatas dengan rupiah. Padahal terkadang kita ingin memberi uang agar penerima dapat memilih sendiri barang yang mereka inginkan. Nah, tapi saat ini kita bisa mengganti uang dengan berbagai jenis, misalnya voucher belanja atau voucher lainnya sebagai bentuk penghargaan. Itu yang saya lakukan ketika lebaran kemarin. Saya memberikan voucher pada teman yang telah membantu saya dalam kesulitan. Memilih voucher sebagai bentuk penghargaan atas kebaikan orang lain memiliki banyak kelebihan, yang paling utama adalah si penerima bisa menggunakannya untuk keperluan yang sesuai dengan keinginan mereka.

IMG_0131

Hadiah. Picture taken by me (duniarahmi)

Penghargaan Untuk Karyawan

Ada yang mengatakan sekian persen karyawan terbaik mengundurkan diri disebabkan karena mereka merasa tidak mendapatkan penghargaan yang setimpal atas kerja kerasnya dari perusahaan. Gaji kecil, lokasi tempat kerja jauh, fasilitas di kantor tidak memadai, kerjaan yang menumpuk, dan lain sebagainya terkadang masih bisa ditahan. Tapi jika masalahnya adalah lingkungan kerja yang tidak nyaman dan tidak adanya penghargaan maka langkah resign sangat mudah diambil tanpa berfikir panjang.

10701960_930845726929837_1944233383499384731_n

Di dalam dunia kerja, penghargaan biasa disebut dengan reward. Selain gaji pokok, karyawan juga biasanya berharap mendapat penghargaan baik material maupun non material atas kerja kerasnya berperan serta dalam mencapai target perusahaan. Penghargaan itu perlu karena dapat menumbuhkan motivasi dalam diri setiap karyawan. Penghargaan tidak harus selalu dalam bentuk uang dengan nilai yang fantastis untuk menghargai pencapaian target yang besar. Tapi pemberian penghargaan bisa dimulai dari hal sederhana. Misalnya perusahaan memberikan penghargaan dalam bentuk voucher belanja senilai 100.000 pada karyawan yang paling rapi atau yang tidak pernah bolos kerja dalam kurun waktu satu bulan. Hal kecil ini akan berdampak pada peningkatan motivasi karyawan. Hal ini juga bisa menstimulasi karyawan yang lain untuk berprestasi yang sama bahkan lebih. Pada akhirnya juga akan berdampak pada kemajuan perusahaan itu sendiri.

Menjadikan voucher sebagai bentuk penghargaan adalah hal sederhana namun berdampak signifikan pada peningkatan motivasi dan gairah kerja. Dalam hal ini perusahaan dapat memilih Voucher Belanja Sodexo sebagai penghargaan untuk karyawannya. Kenapa harus Sodexo? Karena Sodexo telah berpengalaman dalam dunia solusi motivasi baik untuk karyawan, relasi bisnis, maupun pelanggan sejak tahun 1976. Sodexo dapat membantu perusahaan mewujudkan strategi mendorong dan menciptakan dorongan motivasi dalam lingkungan perusahaan. Penghargaan itu harus tepat guna, bermanfaat, dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penghargaan yang tidak tepat dan tidak bernilai di mata penerima justru akan berdampak sebaliknya. Saat ini Merchant Sodexo yang jumlahnya ribuan telah tersebar di seluruh dunia. Setiap penerima voucher Sodexo bebas memilih barang atau fasilitas apa saja di berbagai merchant dan outlet yang menjadi rekanan Sodexo. Mereka dapat membeli perhiasan, baju, peralatan rumah tangga, barang-barang elektronik, makanan & minuman, dan masih banyak yang lainnya.

Ada berbagai voucher yang ditawarkan Sodexo yang bisa jadi pilihan perusahaan, yaitu:

sodexo

  1. VOUCHERS SODEXO GIFT PASS

Voucher Hadiah No. 1 di Indonesia dan diterima di lebih dari 14.000 outlet, dan berlaku hingga 1 tahun . Sodexo Gift Pass memiliki akses ke berbagai jenis usaha seperti Hypermarket, Department Store, Convenient Store, Restoran, dan lain-lain. Pemegang voucher bebas memilih apa saja mulai dari makanan, minuman, hiburan, perawatan kesehatan dan banyak lagi yang lain.

  1. VOUCHERS SODEXO FOOD PASS

Voucher Sodexo Food Pass dapat membantu perusahaan mengorganisir tunjangan makan untuk semua karyawan. Sodexo Food Pass memungkinkan karyawan perusahaan membeli makan siang dari beragam restoran dan perusahaan makanan yang dapat mereka pilih sendiri. Dengan voucher ini hubungan perusahaan dengan karyawan akan semakin baik, dan karyawan pun senang karena bisa makan sesuai selera mereka hari itu.

  1. VOUCHERS SODEXO REWARD PASS

Sodexo Reward Pass adalah pilihan paling ekonomis yang memberikan pilihan bagi karyawan atau pelanggan agar dapat mengakses berbagai jenis pusat perbelanjaan dengan makan malam (shopping dining), pengalaman santai dan rekreasi.

  1. VOUCHERS SODEXO DISCOUNT PASS

Sodexo Discount Pass adalah solusi kartu hadiah yang kreatif yang didesain untuk membantu meningkatkan kinerja serta loyalitas. Voucher ini efektif untuk memotivasi dan menghargai karyawan, pelanggan, komunitas, sekolah, vendor, calon klien dan masih banyak yang lainnya.

Setiap jenis Voucher Sodexo memiliki daftar merchant yang berbeda-beda. Untuk melihat daftar merchant yang dapat menerima Voucher Sodexo secara lengkap kita bisa mengunjungi www.sodexomerchant.com. Dan pembelian voucher Sodexo Gift Pass, Sodexo Reward Pass, dan Sodexo ePass melalui online dapat dilakukan di http://beli.sodexovoucher.com.

Sodexo bukan hanya memberikan keuntungan pada sebelah pihak, tapi banyak pihak yang berhubungan. Yang pertama Sodexo memberikan keuntungan untuk perusahan dengan menawarkan berbagai macam kemudahan untuk meningkatkan motivasi dan mempererat hubungan perusahaan dengan karyawan. Yang kedua dengan penghargaan berupa voucher Sodexo karyawan dapat memilih sendiri jenis penghargaan sesuai kebutuhan mereka masing-masing. Yang ke tiga keuntungan untuk toko/perusahaan dagang yang menerima Voucher Sodexo penjualannya akan meningkat dan nama toko pun semakin dikenal.

Solution_foodpass_bahasa

Jadi kesimpulannya perghargaan itu penting demi terjalinnya hubungan yang lebih erat, baik antar anggota keluarga, teman, saudara, maupun antara karyawan dan atasan/perusahaan. Dan Sodexo bisa menjadi pilihan tepat dan terbaik bagi perusahaan di Indonesia dalam memberikan penghargaan pada karyawan atau rekan kerja demi tercipta motivasi, komitmen, dan hubungan yang erat antar karyawan dan perusahaan.

 

6 thoughts on “Penghargaan Mempererat Hubungan

  1. Kadang tidak menghargai diri sendiri karena tuntutan hidup…
    Terima kasih tulisannya, saya akan lebih banyak belanja, eh lebih berhati-hati lagi dalam menentukan prioritas kebutuhan. Bagaimana mau menolong dan menghargai orang lain ya kalau diri sendiri aja tidak dihargai dan ditolong. ^ ^

  2. waw…sangat mengena dikehidupan,,…no 3 banyak yang mengalaminya,..apalagi sebagai karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan..mantap banget sist…

  3. Betul sekali, penghargaan itu penting, apalagi di dunia kerja. Kalau karyawan sudah tidak merasa dihargai atau tidak pernah mendapat penghargaan ya lama-lama resign.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s