Tips Bangun Pagi Untuk Anak Usia Sekolah

Tips Bangun Pagi Untuk Anak Usia Sekolah

Processed with VSCO with a6 preset

Tidur yang berkualitas adalah aktifitas yang sangat penting bagi anak, terutama bagi anak usia sekolah. Tidur malam bukan hanya sekedar waktu untuk mengistirahatkan badan, lebih dari itu tidur nyenyak mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan fungsi-fungsi kognitif, menjaga kesehatan, menjaga suasana hati, dan merangsang pertumbuhan.  Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada prestasi belajarnya di sekolah. Sebaliknya kurang tidur pada anak dapat berakibat buruk bagi si kecil, misalnya anak menjadi hiperaktif, kelelahan, juga terlambat dan tidak bersemangat pergi ke sekolah.

Anak usia sekolah 7-12 tahun membutuhkan waktu tidur malam 8-9 jam. Bila tidur malam anak tidak mencapai jumlah tersebut, maka anak akan sulit bangun di pagi hari dan rewel pada siang hari. Saya mempunyai tips agar anak dapat tidur dengan nyenyak pada malam hari, segar bugar saat bangun pada pagi hari. Dan yang terpenting anak tidak terlambat ke sekolah.

  1. Belajar, mengerjakan PR, dan mempersiapkan peralatan sekolah setelah makan malam sekitar pukul 07.00 malam. Hal ini berfungsi agar anak merasa tenang saat tidur karena semua tugas dan keperluan sekolah telah dipersiapkan.
  2. Minum segelas susu hangat sebelum tidur sekitar pukul 08.00 malam. Beberapa ahli gizi mengatakan susu mengandung asam amino tryptophan yang dapat membuat anak cepat tidur dengan nyenyak. Pilihlah susu yang rendah gula agar anak terhindar dari risiko obesitas, karies gigi, juga diabetes. Dancow FortiGro merupakan salah satu susu yang mengandung banyak nutrisi namun rendah gula.
  3. Mencuci wajah, tangan, kaki, mengganti baju, dan mengosok gigi sebelum tidur. Hal ini merupakan salah satu aktifitas yang dapat mempengaruhi kenyamanan tidur dan baik untuk kesehatan.
  4. Tutup pintu kamar, pasang selimut, dan matikan lampu kamar. Tidur dalam keadaan gelap baik untuk kesehatan, memberikan perasaan nyaman, dan rileks. Dengan begitu tubuh dan fikiran dapat sepenuhnya tidur dengan berkualitas.
  5. Nyanyikan lagu-lagu lembut sebelum tidur. Ibu menyanyikan lagu untuk si buah hati sebelum tidur akan menambah kenyamanan anak. Selain itu kita dapat pula memutar musik klasik yang menenangkan hingga anak tertidur.
  6. Bangunkan anak pada pukul 05.30 pagi, lalu berikan segelas air putih hangat. Ini akan baik untuk memperlancar buang air besar, mengeluarkan racun, dan banyak lagi manfaat lainnya.
  7. Setelah bangun segera mandi agar badan lebih segar. Lalu memakai seragam sekolah, sarapan secukupnya, dan tidak lupa minum susu untuk memberikan tenaga agar anak bersemangat ke sekolah.

Itulah kurang lebih tips tidur nyenyak dan tidak terlambat ke sekolah untuk si buah hati menurut saya. Kualitas tidar anak adalah tanggung jawab orang tua. Semoga bermanfaat.

Advertisements