Tim Backpacker Garis Keras

Ruang Tunggu Terminal 3 Soeta

Ruang Tunggu Terminal 3 Bandara Soeta

Setiap orang punya gaya traveling yang berbeda-beda sesuai dengan kepribadiannya. Begitupun dengan saya yang telah mencintai hobby ini sejak remaja. Untuk soal traveling saya lebih suka ala backpacker dengan segala sesuatu saya kerjakan sendiri dari awal. Biasanya ketika hendak memutuskan traveling ke suatu tempat maka langkah yang pertama saya lakukan adalah mencari travelmates. Saya tipe orang yang anti solo traveling. Prinsip saya adalah “Traveling is awesome. But, traveling with friends is more awesome”.

Meskipun anti solo traveling bukan berarti saya suka traveling dengan banyak teman. Saya lebih nyaman traveling dengan satu sampai tiga teman saja dan tidak lebih. Nah, setelah menemukan teman, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi tentang transportasi dan akomodasi. Untuk tempat tujuan yang membutuhkan tiket pesawat atau kereta maka saya bisa hunting berhari-hari untuk menemukan harga tiket yang termurah. Dan biasanya saya booking tiket maksimal dua minggu sebelum keberangkatan. Setelah tiket di tangan itu tandanya 98% rencana perjalanan siap dieksekusi.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah mencari tempat penginapan yang recommended berdasarkan review di blog atau aplikasi booking penginapan. Penginapan saya booking minimal seminggu sebelum hari keberangkatan. Tapi untuk beberapa tempat yang banyak pilihan penginapannya saya lebih memilih untuk mencari penginapan saat telah sampai di tempat tujuan. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi tentang trasnportasi selama di tempat tujuan. Dan untuk soal ini saya memilih untuk menyewa kendaraan roda dua agar lebih bebas saat mengeksplore tempat tujuan.

Luwansa Beach Resort Labuan Bajo

Luwansa Beach Resort Labuan Bajo

Setalah booking tiket, peginapan, dan sepeda motor beres, maka langkah selanjutnya adalah membuat itinerary. Saya mengumpulkan informasi tempat-tempat yang akan dikunjungi, rute perjalanan, suhu udara, dan lain-lain. Meskipun terkadang apa yang dilakukan saat di tempat tujuan tidak selalu sesuai dengan itinerary, tapi bagi saya itinerary itu penting agar tidak bingung apa yang akan dilakukan disana. Setelah itinerary dibuat maka saatnya membuat daftar barang bawaan. Ini juga hal penting yang tidak pernah saya lewatkan. Karena saya tidak suka ribet dan tidak suka membawa banyak barang saat bepergian. Makan daftar barang bawaan akan saya buat dengan rincian pakaian yang akan dipakai saat berangkat hingga pulang. Lalu pakaian-pakaian itu akan saya pisahkan dan masukkan ke dalam plastik klip sesuai harinya, misalnya pakaian hari pertama, kedua, dan seterusnya.

Selanjutnya list peralatan mandi dan skin care. Sabun cair, sampho, dan hand body saya masukkan dalam botol-botol kecil sekitar 10 hingga 20 ml saja. Dan selanjutnya perintilan yang lain seperti charger, powerbank, buku, jas hujan, tumbler, dan lain-lain sesuai kebutuhan. Dengan menulis daftar rincian saya benar-benar hanya akan membawa barang-barang yang memang saya butuhkan saat traveling. Setelah itu masukkan barang dalam kantong-kantong terpisah sesuai dengan jenisnya sebelum dimasukkan ke dalam ransel.

My Travel Essentials - DuniaRahmi

My Travel Essentials

Dengan mempersiapkan segala sesuatu sendiri sebelum traveling itu membuat saya lebih benar-merasa mengenal, dan memiliki kenangan dan ikatan bathin dengan tempat yang saya kunjungi. Saya pernah mencoba traveling bersama rombongan sekitar 20 orang yang diadakan oleh travel agent, dan setelah kembali pulang saya merasa traveling itu seperti hanya dalam mimpi dan tidak benar-benar saya lakukan. Dan sejak saat itulah saya lebih memilih untuk traveling secara mandiri dan menyiapkan segala sesuatunya sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s